Jumat, 13 Maret 2015

Alat Pengukur dan Pembatas (APP)


Salam untuk semua. Kesempatan kali ini saya berbagi ilmu tentang ilmu kelistrikan yaitu simak aja yang dibawah ini :

Alat Pengukur dan Pembatas (APP)

Untuk mengetahui besarnya tenaga listrik yang digunakan oleh pemakai / pelanggan listrik (untuk keperluan rumah tangga, sosial, usaha/bangunan komersial, gedung pemerintah dan instansi), maka perlu dilakukan pengukuran dan pembatasan daya listrik.
APP merupakan bagian dari pekerjaan dan tanggung jawab pengusaha ketenagalistrikan (PT. PLN), sebagai dasar dalam pembuatan rekening listrik. Pada sambungan tenaga listrik tegangan rendah, letak penempatan APP dapat dilihat pada gambar berikut ini :







Gambar 2.13 Diagram satu garis sambungan tenaga listrik tegangan menengah


Keterangan:
GD    : Gardu Distribusi
TR    : Jaringan tegangan Rendah
SLP  : Sambungan Luar Pelayanan
SMP            : Sambungan Masuk Pelayanan
SLTR : Sambungan Tenaga Listrik Tegangan Rendah
APP   : Alat Pengukur dan Pembatas
PHB   : Papan Hubung Bagi
IP      : Instalasi Pelanggan
SLTR yang menghubungkan antara listrik penyambungan pada GD / TR merupakanpenghantar dibawah atau diatas tanah.


Seperti telah dijelaskan dimuka bahwa pengukuran yang dimaksud adalah untuk menentukan besarnya pemakaian daya dan energi listrik. Adapun alat ukur / instrumen yang digunakan adalah alat pengukur : Kwh, KVARh, KVA maksimum, arus listrik dan tegangan listrik.
Sistem pengukurannya ada dua macam, yaitu :
  1. Pengukuran primer atau juga disebut pengukuran langsung, terdiri dari pengukuran primer satu fasa untuk pelanggan dengan daya dibawah 6.600VA pada tegangan 220V / 380V, dan pengukuran primer tiga fasa untuk pelanggan dengan daya diatas 6.600V sampai dengan 33.000VA pada tegangan 220V / 380V. 
  2. Pengukuran sekunder tiga fasa atau disebut juga pengukuran tak langsung (menggunakan trafo arus) digunakan pada pelanggan dengan daya 53KVAsampai dengan 197KVA. Sedangkan yang dimaksud dengan pembatasan adalah pembatasan untuk menentukan batas pemakaian daya sesuai dengan daya tersambung. Alat pembatas yang digunakan adalah :

·   Pada sistem tegangan rendah sampai dengan 100A digunakan MCB dan diatas100A digunakan MCCB; pelebur tegangan rendah; NFB yang bisa disetel.
·  Pada sistem tegangan menengah biasanya digunakan pelebur tegangan menengah atau rele.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar